Bahan Ajar dan Materi Digital

Buku Siswa - Seni Budaya SMA Kelas XII Semester 2

Gratis

Dalam buku pelajaran Seni Budaya kelas XII ini, sebagai peserta didik, kamu akan menemukan 4 bidang seni yaitu seni rupa, musik, tari, dan teater. Materi pembelajaran Seni Budaya ini walaupun sebagian besar berisi pembelajaran keterampilan praktik berkarya seni, wawasan apresiasi dan kritik seni serta pameran dn pagelaran karya seni. Akan ..





Dalam buku pelajaran Seni Budaya kelas XII ini, sebagai peserta didik, kamu akan menemukan 4 bidang seni yaitu seni rupa, musik, tari, dan teater. Materi pembelajaran Seni Budaya ini walaupun sebagian besar berisi pembelajaran keterampilan praktik berkarya seni, wawasan apresiasi dan kritik seni serta pameran dn pagelaran karya seni. Akan tetapi, dapat kamu gunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu memahami materi pembelajaran lainnya di sekolah maupun dalam kehidupan di luar sekolah. Melalui pembelajaran seni budaya, diharapkan dapat menumbuhkan sikap saling menghargai, toleransi, bertanggung jawab, percaya diri, kreatif, dan tidak cepat berputus asa.

Pendidikan melalui mata pelajaran Seni Budaya ini pada hakikatnya merupakan proses pembentukan manusia melalui seni. Pendidikan Seni Budaya secara umum berfungsi untuk mengembangkan kemampuan setiap peserta didik menemukan pemenuhan didirnya (personal fulfillment) menjadi pribadi yang utuh. Melalui aktivitas pembelajaran seni budaya, kamu sebagai peserta didik difasilitasi untuk memperluas kesadaran sosial dan dapat digunakan sebagai jalan untuk menambah pengetahuan. Tujuan pembelajaran Seni Budaya ini sejalan dengan tanggung jawab yang luas dari tujuan pendidikan secara umum. Makna budaya dalam pembelajaran Seni Budaya menunjukkan upaya melestarikan dan mengembangkan warisan budaya (kesenian) yang tersebar di berbagai suku bangsa Indonesia maupun bentuk-bentuk kesenian yang tumbuh dan berkembang di berbagai belahan dunia lainnya.

Materi pembelajaran seni budaya dalam buku ini merupakan revisi dari buku seni budaya sebelumnya, berisi pengetahuan, materi, dan cara belajar seni di sekolah dengan guru sebagai fasilitator yang menyediakan peluang bagi peserta didik untuk menjadi pribadi yang utuh (aktif, kreatif, dan apresiatif) melalui pengalaman seni berdasarkan sesuatu yang dekat dengan kehidupan dan dunia kalian. Melalui pendidikan seni budaya, kalian diharapkan dapat melakukan studi tentang warisan budaya artistik sebagai salah satu bentuk yang signifikan dari pencapaian prestasi manusia. Bentuk-bentuk kesenian yang kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari, warisan budaya masyarakat di masing-masing daerah maupun yang tumbuh dan berkembang di berbagai belahan dunia lainnya diharapkan dapat menumbuhkembangkan kesadaran terhadap peran sosial seni di masyarakat. Dengan demikian, kamu akan menemukan seni sebagai sesuatu yang penuh arti, autentik, dan relevan dalam kehidupan.

Upaya perbaikan materi isi dan penyajian buku ini dari buku sebelumnya tentu tidak serta merta menjawab kebutuhan situasi dan kondisi pembelajaran Seni Budaya yang sangat beragam di tanah air. Jenis materi latihann dan evaluasi yang ada dalam buku siswa serta panduan pembelajarannya yang ada dalam buku guru sama sekali bukanlah sesuatu yang kaku dan tidak dapat disubtitusikan. Kamu dapat mendiskusikan materi dan sajian buku ini dengan guru, memperkaya dan mengembangkannya sesuai dengan situasi dan kondisi di mana kamu tinggal dan belajar.

Akhir kata, upaya yang dilakukan tim penulis untuk menyempurnakan buku ini tentunya tidak dapat memuaskan semua pihak. Saran dan masukan dari kamu sebagai pengguna dan peserta didik dalam pembelajaran Seni Budaya di sekolah sangat berguna bagi penyempurnaan buku ini di masa yang akan datang.



Tim Penulis
Belum ada ulasan tentang produk ini, anda bisa memberikan ulasan apabila anda sudah pernah memesan atau membeli produk ini Silahkan Login terlebih dahulu untuk melakukan review.
Tidak tersedia Kompetensi Inti untuk Materi atau bahan ajar ini.
Tidak tersedia Kompetensi Dasar untuk Materi atau bahan ajar ini.


Pilihan Produk Lainnya